Skip to main content

8 Alasan Membeli Mobil Bekas, Bisa Hemat Puluhan Juta!

Alasan Membeli Mobil Bekas

Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan sebelum membeli kendaraan roda empat. Salah satunya yaitu masalah biaya. Harga mobil bisa mencapai ratusan juta rupiah, bahkan ada yang mencapai milyaran.

Sebaiknya Anda memperhitungkan keuangan dengan lebih matang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mobil. Jangan sampai keuangan Anda menjadi terganggu karenanya. Anda bisa membeli mobil bekas jika bujet yang dimiliki tak cukup untuk membeli mobil baru.

Salah satu alasan membeli mobil bekas adalah harganya yang lebih terjangkau. Tapi tahukah Anda bahwa ada banyak alasan lain mengapa Anda harus membeli mobil bekas?

Setidaknya ada 8 alasan utama mengapa Anda harus membeli mobil bekas yang ditinjau dari berbagai aspek.

Bertahan Hingga Ratusan Ribu Kilometer


Sebagian besar orang berpendapat bahwa mobil harus diganti ketika sudah menempuh perjalanan hingga 100.000 Km. Padahal pendapat itu tak sepenuhnya benar.

Mobil yang diproduksi beberapa tahun belakangan mampu menempuh perjalanan hingga 200.000 Km dan masih baik-baik saja. Kuncinya ada pada perawatan kendaraan. Jika servis dilakukan secara berkala dan sparepart diganti sesuai waktunya, mobil bisa mencapai jarak tempuh 900.000 Km.

Pendapat yang disebutkan di awal membuat sebagian besar menjual mobilnya saat mencapai jarak tempuh 100.000 Km. Anda bisa memilih mobil dengan kondisi ini untuk dibeli. Namun Anda juga harus memeriksa seluruh kondisinya, baik dari segi fisik maupun mesin.

Harga Jauh Lebih Terjangkau


Harga mobil bekas bisa turun sebanyak 30% hingga 50% dari harga baru. Anda bisa menghemat uang hingga puluhan juta rupiah dengan membeli mobil bekas.

Mobil bekas lebih cocok untuk Anda yang ingin memiliki mobil namun bujet minim. Sayangnya, mobil bekas yang sudah dibeli akan lebih sulit untuk dijual kembali. Jika ada yang membeli pun harganya pasti jauh lebih rendah.

Fitur Tak Kalah dengan Mobil Baru


Saat ini banyak mobil keluaran terbaru yang sudah dijual dalam kondisi bekas atau second. Jika dilihat dari segi fitur, mobil bekas tersebut tentu tidak kalah dengan mobil terbaru. Harganya pun jauh lebih terjangkau dibanding mobil baru.

Di mana Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan fitur canggih dan terbaru? Kunjungi showroom yang ada di kota Anda. Jika ingin lebih praktis, Anda bisa mengunjungi marketplace yang khusus menjual mobil bekas. Anda bisa leluasa memilih mobil bekas dari berbagai brand.

Kemudahan Kredit


Alasan membeli mobil bekas yang keempat adalah kemudahan untuk mengajukan kredit. Kredit untuk mobil bekas umumnya lebih ringan dan bunganya pun lebih rendah. Oleh sebab itu, bank akan lebih mudah menyetujui pengajuan kredit Anda.

Tidak hanya proses pengajuan kredit yang mudah, jumlah DP yang harus dibayarkan juga termasuk ringan. Anda bisa membayar DP sebesar 25% hingga 75% dari harga mobil. Sedangkan jangka waktu untuk pelunasan bisa Anda pilih mulai dari 6 bulan, 1 tahun, 2 tahun, hingga 3 tahun.

Kemudahan kredit ini kembali lagi pada kebijakan bank atau pihak leasing. Sebaiknya Anda mempelajari kelebihan dan kekurangan dari masing-masing leasing atau bank sebelum mengajukan kredit mobil bekas.

Hemat Biaya


Mobil bekas dinilai lebih hemat biaya dibandingkan dengan mobil baru. Mulai dari biaya perawatan, premi asuransi, bahan bakar, hingga pajak. Ketika membeli mobil, sebaiknya Anda juga memperhitungkan biaya-biaya tersebut agar tak mengganggu keuangan.

Premi asuransi untuk mobil baru umumnya jauh lebih tinggi dibandingkan mobil bekas. Begitu pula dengan pajak yang harus dibayarkan. Membeli mobil baru tak hanya lebih mahal dari segi harga, namun mahal pula biaya perawatan dan administrasinya.

Harga yang Terus Turun


Harga mobil akan terus mengalami penurunan seiring dengan lamanya waktu pemakaian. Pada 5 tahun pertama sejak mobil baru, harga jualnya akan menurun sebanyak 15% hingga 25%. Orang yang membeli mobil baru dinilai rugi karena penurunan harga ini.

Sebaiknya Anda memilih mobil bekas karena harganya sudah jauh lebih rendah dibanding harga baru. Namun keadaannya juga masih cukup baik dan layak untuk dipakai sehari-hari.

Tak Ada Perbedaan Kualitas yang Berarti


Mobil bekas yang ditawarkan oleh showroom umumnya memiliki kualitas yang hampir sama seperti baru. sebaiknya Anda tak terburu-buru ketika memilih mobil bekas untuk mendapatkan kendaraan yang benar-benar bagus.

Referensi : Seva mobil bekas

Comments